Pada teknik ini image akan ditampilkan dicanvas dengan menggunakan metode drawImage().
Teknik ini merupakan Low Level User Interface (level rendah). Image dapat ditambahkan pada antarmuka level tinggi seperti form dengan menggunakan metode add() pada antarmuka pemakai level tinggi hanya dapat menggunakan gambar yang bersifat immutable, yaitu gambar yang tidak dapat dimodifikasi setelah dibuat. Tidak dapat dimodifikasi dikarenakan item didalamnya tidak dapat diubah secara langsung menggunakan index atau reference ke item tersebut, tetapi harus dengan rekonstruksi ulang. Sedangkan pada antarmuka level rendah dapat menggunakan mutable yang biasa disimpan pada memory
Metode yang akan digunakan adalah javax.microedition.lcdui.image
Library yang mendefinisikan image adalah sebagai berikut:
Teknik ini merupakan Low Level User Interface (level rendah). Image dapat ditambahkan pada antarmuka level tinggi seperti form dengan menggunakan metode add() pada antarmuka pemakai level tinggi hanya dapat menggunakan gambar yang bersifat immutable, yaitu gambar yang tidak dapat dimodifikasi setelah dibuat. Tidak dapat dimodifikasi dikarenakan item didalamnya tidak dapat diubah secara langsung menggunakan index atau reference ke item tersebut, tetapi harus dengan rekonstruksi ulang. Sedangkan pada antarmuka level rendah dapat menggunakan mutable yang biasa disimpan pada memory
Metode yang akan digunakan adalah javax.microedition.lcdui.image
Library yang mendefinisikan image adalah sebagai berikut:
Metode:
1. static Image createImage(String name)
2. static Image createImage(Image source).
3. static Image createImage(byte[] imageData, int imageOffset, int imageLenght)
4. static Image createImage (int width, int Height)
5. Graphics getGraphics()
6.int getHeight()
7. Int getWidth
8. Boolean is mutable
1. static Image createImage(String name)
2. static Image createImage(Image source).
3. static Image createImage(byte[] imageData, int imageOffset, int imageLenght)
4. static Image createImage (int width, int Height)
5. Graphics getGraphics()
6.int getHeight()
7. Int getWidth
8. Boolean is mutable
Keterangan:
1. Membuat sebuah gambar immutable dari directory resource.
2. Membuat sebuah gambar immutable dari directory image lain.
3. Membuat sebuah gambar immutable dari array yang menyimpan data gambar mulai dari
2. Membuat sebuah gambar immutable dari directory image lain.
3. Membuat sebuah gambar immutable dari array yang menyimpan data gambar mulai dari
indeks imageOffset dengan panjang imageLengh.
4. Membuat gambar mutable dengan lebar width dan tinggi height.
5. Mengembalikan graphics yang digunakan untuk menggambar gambar mutable.
6. Mengembalikan nilai tinggi gambar
7. Mengembalikan nilai lebar gambar
8. Mengembalikan true jika gambar adalah mutable
4. Membuat gambar mutable dengan lebar width dan tinggi height.
5. Mengembalikan graphics yang digunakan untuk menggambar gambar mutable.
6. Mengembalikan nilai tinggi gambar
7. Mengembalikan nilai lebar gambar
8. Mengembalikan true jika gambar adalah mutable
Sebagai latihan buatlah sebuah MIDlet untuk menampilkan gambar yang diambil dari file gambar untuk ditampilkan dilayar Handphone
Langkah – langkah yang harus dilakukan adalah sebagi berikut :
buka program Netbeans IDE
buat project baru, klik file > new project > mobility > MIDP application kemudian klik tombol next
pada form Name and application isikan nama project dengan nama image, kemudian pilih lokasi untuk menyimpan project. Hilangkan tanda centang pada set as main project dan create MIDlet hello lalu klik tombol next.
pada form Default Platform Selection beri centang pada device configuration > CLDC 1.0 dan pada device profile > MIDP 2.0. kemudian klik Finish
jika proyek telah berhasil terbentuk, masukan file gambar yang kita kehendaki kelokasi penyimpanan project. Carilah lokasi penyimpanan project kemudian buat folder baru dengan nama res kemudian letakan atau masukan file gambar yang kita kehendaki kedalam folder res.
berikut adalah penjelasan mengenai coding :
pilih add new file > pilih java > java class
Langkah – langkah yang harus dilakukan adalah sebagi berikut :
buka program Netbeans IDE
buat project baru, klik file > new project > mobility > MIDP application kemudian klik tombol next
pada form Name and application isikan nama project dengan nama image, kemudian pilih lokasi untuk menyimpan project. Hilangkan tanda centang pada set as main project dan create MIDlet hello lalu klik tombol next.
pada form Default Platform Selection beri centang pada device configuration > CLDC 1.0 dan pada device profile > MIDP 2.0. kemudian klik Finish
jika proyek telah berhasil terbentuk, masukan file gambar yang kita kehendaki kelokasi penyimpanan project. Carilah lokasi penyimpanan project kemudian buat folder baru dengan nama res kemudian letakan atau masukan file gambar yang kita kehendaki kedalam folder res.
berikut adalah penjelasan mengenai coding :
pilih add new file > pilih java > java class
deklarasikan nama java class "Fimage".
kemudian ketikan coding seperti dibawah ini :
/*
* To change this template, choose Tools Templates
* and open the template in the editor.
*/
/**
*
* @author LANA
*/
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class Fimage extends MIDlet {
Display display;
mainCanvas MainCanvas;
public Fimage () {
display = Display.getDisplay(this);
}
public void startApp() {
MainCanvas = new mainCanvas (this, display);
MainCanvas.setFullScreenMode(true);
display.setCurrent(MainCanvas);
}
public void pauseApp(){
}
public void destroyApp(boolean unconditional) {
}
public void exitMIDlet() {
destroyApp (false);
notifyDestroyed();
}
}
buatlah lagi sebuah java class dengan nama class mainCanvas kemudian ketikan coding dibawah ini pada form source code.
/*
* To change this template, choose Tools Templates
* and open the template in the editor.
*/
/**
*
* @author LANA
*/
import javax.microedition.lcdui.*;
class mainCanvas extends Canvas implements CommandListener{
private Display display;
private Fimage midlet;
private Command cmExit;
private Image image;
public mainCanvas (Fimage midlet, Display display){
this.midlet = midlet;
this.display = display;
try {
image = Image.createImage("/lana.jpg");
}catch (java.io.IOException e){
}
cmExit = new Command ("Exit", Command.EXIT, 1);
addCommand (cmExit);
setCommandListener(this);
}
protected void paint (Graphics g)
{
g.drawImage(image, 0, 0, Graphics.TOP Graphics.LEFT);
}
public void commandAction(Command c, Displayable s){
if (c == cmExit){
midlet.exitMIDlet();
}
}
}
lakukan kompilasi dengan mengklik build.
kemudian ketikan coding seperti dibawah ini :
/*
* To change this template, choose Tools Templates
* and open the template in the editor.
*/
/**
*
* @author LANA
*/
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class Fimage extends MIDlet {
Display display;
mainCanvas MainCanvas;
public Fimage () {
display = Display.getDisplay(this);
}
public void startApp() {
MainCanvas = new mainCanvas (this, display);
MainCanvas.setFullScreenMode(true);
display.setCurrent(MainCanvas);
}
public void pauseApp(){
}
public void destroyApp(boolean unconditional) {
}
public void exitMIDlet() {
destroyApp (false);
notifyDestroyed();
}
}
buatlah lagi sebuah java class dengan nama class mainCanvas kemudian ketikan coding dibawah ini pada form source code.
/*
* To change this template, choose Tools Templates
* and open the template in the editor.
*/
/**
*
* @author LANA
*/
import javax.microedition.lcdui.*;
class mainCanvas extends Canvas implements CommandListener{
private Display display;
private Fimage midlet;
private Command cmExit;
private Image image;
public mainCanvas (Fimage midlet, Display display){
this.midlet = midlet;
this.display = display;
try {
image = Image.createImage("/lana.jpg");
}catch (java.io.IOException e){
}
cmExit = new Command ("Exit", Command.EXIT, 1);
addCommand (cmExit);
setCommandListener(this);
}
protected void paint (Graphics g)
{
g.drawImage(image, 0, 0, Graphics.TOP Graphics.LEFT);
}
public void commandAction(Command c, Displayable s){
if (c == cmExit){
midlet.exitMIDlet();
}
}
}
lakukan kompilasi dengan mengklik build.
OUTPUT program pada Emulator
Tidak ada komentar:
Posting Komentar